Hambatan komunikasi kerap terjadi dan menjadi batu
sandungan dalam sebuah bisnis. Oleh karena itu, macam-macam hambatan komunikasi
bisnis perlu dikenali dan gangguan komunikasi mendapatkan penanganan yang
tepat.
Tidak
selamanya komunikasi dapat terjalin dengan baik. Ketika muncul hambatan, kamu
perlu untuk segera mengatasinya agar masalah tidak melebar kemana-mana. Berikut
ini macam-macam hambatan komunikasi bisnis yang perlu kamu ketahui.
Macam-macam Hambatan Komunikasi
1. Hambatan Komunikasi Teknis
Kendala
teknis dapat menjadi penyebab munculnya hambatan komunikasi bisnis. Hambatan
teknis ini dipengaruhi oleh kondisi lingkungan teknis yang menimbulkan hambatan
pada arus komunikasi. Sehingga komunikasi yang dibangun menjadi tidak efektif
dan efisien, bahkan bisa terjadi kesalahpahaman dalam komunikasi.
Hambatan
dalam komunikasi yang bersifat teknis ini mencakup ketersediaan fasilitas
komunikasi, peralatan, teknologi, dan jaringan yang dibutuhkan. Hal teknis
tersebut termasuk dengan kesiapan orang-orang yang terkait untuk melakukan
komunikasi menggunakan metode dan media komunikasi yang disepakati.
Contoh
dari hambatan teknis dalam komunikasi antara lain keterbatasan alat utama maupun
pendukung untuk melakukan komunikasi. Misalnya komunikasi jarak jauh dengan
menggunakan smartphone dan jaringan internet.
Dibutuhkan
perangkat yang memadai untuk melakukan komunikasi yang efektif, apalagi untuk
pengiriman dokumen maupun gambar-gambar yang dibutuhkan. Jika daya ponsel lemah
atau jaringan internet tidak stabil, maka komunikasi dapat terhambat.
Selain
itu, keterbatasan dapat terjadi juga jika pengirim mamupun penerima informasi
belum menguasai penggunaan dari perangkat yang digunakan. Gangguan komunikasi
ini sering disebut dengan gaptek atau gagap teknologi.
Tidak
semua orang dapat menggunakan perangkat komunikasi, apalagi perangkat yang
menggunakan teknologi canggih. Hal ini dapat menghambat dalam proses
penyampaian informasi, sehingga sulit untuk membangun komunikasi yang efektif
dan efisien antara komunikator dan komunikan.
Cara
mengatasi hambatan komunikasi bisnis yang terkait teknis ini adalah dengan
menginventarisasi perangkat yang dimiliki kemudian dianalisa apakah masih layak
pakai atau tidak.
Jika
dibutuhkan, kamu dapat merencanakan pengadaan untuk perangkat komunikasi baru
yang lebih baik agar proses pengiriman dan penerimaan pesan bisa berlangsung
dengan baik.
Untuk
mengatasi gagap teknologi, pelatihan teknologi komunikasi perlu diadakan secara
berkala. Jangan lupa untuk memberikan ruang konsultasi jika ada pertanyaan
maupun saran dari para karyawan agar iklim komunikasi dalam konteks profesional
bisa tetap nyaman.
2. Hambatan Komunikasi Semantik
Hambatan
komunikasi selanjutnya disebut dengan hambatan semantik. Hambatan dalam
komunikasi semantik adalah hambatan yang terjadi dalam proses penyampaian
informasi dari pengirim kepada si penerima.
Hambatan
ini terkait dengan penggunaan bahasa dan pemahaman dari penerima informasi yang
berbeda dengan maksud dari pengirim informasi. Sehingga terjadi miscommunication.
Hambatan
semantik kerap terjadi karena alur komunikasi yang tidak jelas dan tidak adanya
standar dalam pengiriman informasi. Walaupun perangkat teknis atau media yang
digunakan sudah layak, namun hambatan komunikasi masih dapat terjadi jika isi
pesan itu sendiri dapat mengundang miss persepsi.
Contoh
dari hambatan semantik ini antara lain perintah dari atasan untuk menyiapkan
pesanan pelanggan lebih cepat. Jika tidak ada standar komunikasi maupun SOP yang jelas di perusahaan, karyawan
dapat mengartikan bahwa yang terpenting adalah pesanan bisa cepat dikirim
dengan mengabaikan standar kualitas produk.
Cara
mengatasi hambatan komunikasi semantik adalah dengan menerapkan standar dalam
komunikasi. Alur komunikasi antar divisi pun sebaiknya dibuat jelas dan runut
untuk menghindari adanya kesalahpahaman. Kebiasaan dalam komunikasi yang
efektif dan efisien ini perlu dibangun untuk kemajuan perusahaan.
3. Hambatan Komunikasi Manusiawi
Hambatan
komunikasi berikutnya adalah hambatan yang bersifat manusiawi. Tidak dapat
dipungkiri bahwa setiap orang miliki latar belakang, usia, pendidikan, dan
pengalaman masing-masing. Hal tersebut dapat memberikan pengaruh pada persepsi,
pemahaman, serta daya tangkap saat mengirim maupun menerima informasi.
Perbedaan
generasi juga dapat menjadi hambatan dalam komunikasi bisnis. Pola Bisnis dari
masa ke masa cenderung mengalami perubahan. Demikian juga dengan pola pikir
orang-orang yang terlibat di dalam sebuah bisnis.
Selain
itu, hambatan komunikasi yang bersifat manusiawi juga mencakup dengan iklim
kerja, tekanan, dan rasa aman dari setiap individu di lingkungannya. Tentu saja
hal ini berpengaruh pada cara berkomunikasi baik sebagai pengirim pesan maupun
penerima pesan.
Contoh
dari hambatan manusiawi dalam bisnis antara lain tentang perbedaan pendapat tim
promosi yang ingin menggunakan media sosial atau brosur yang disebar di
keramaian. Mungkin orang yang jarang berinteraksi di media sosial belum
mengetahui seberapa efektif melakukan promosi di platform tersebut.
Cara
mengatasi hambatan komunikasi manusiawi ini adalah dengan memberikan iklim
psikologis yang kondusif di tempat kerja. Gap usia dan sosial
dapat diatasi dengan intensitas komunikasi yang lebih sering lagi agar satu
sama lain dapat saling memahami.
4. Hambatan Komunikasi terkait Kultur
Perusahaan
Kultur
perusahaan juga dapat berpengaruh pada munculnya hambatan berkomunikasi. Kultur
perusahaan yang terbentuk secara tidak langsung dapat membuat komunikasi tidak
efektif dan efisien.
Struktur
organisasi yang rumit bisa menjadi salah satu hambatan dalam komunikasi terkait
kultur perusahaan. Karyawan menjadi tidak leluasa dalam menyampaikan informasi
karena harus melalui prosedur yang rumit dan tanggung jawab yang tidak jelas.
Terlalu banyaknya tahapan yang harus dilalui untuk menyampaikan informasi dapat
menghambat waktu.
Perusahaan
dengan kontur komunikasi yang tertutup juga menjadi salah satu penghambat
komunikasi. Tidak semua perusahaan memberikan kesempatan yang sama kepada semua
karyawan untuk memberikan informasi. Bahkan, ada perusahaan yang menutup
kesempatan informasi tersebut kepada karyawannya.
Kultur
perusahaan yang tidak baik seperti adanya persaingan tidak sehat antar karyawan
dapat menjadi hambatan dalam komunikasi bisnis. Karyawan dapat saling menjegal
dan menutupi informasi penting untuk keamanan dirinya sendiri.
Cara
mengatasi hambatan komunikasi ini adalah dengan memperbaiki kultur perusahaan
terlebih dahulu. Analisa potensi masalah yang muncul dan temukan solusi yang
dapat diterapkan untuk mengatasinya. Berbagai permasalahan yang terjadi dalam
sebuah bisnis kadang kala ujung pangkalnya adalah hambatan komunikasi.
Komunikasi
yang efektif sangat penting agar operasional perusahaan dapat berjalan dengan
baik. Komunikasi ini perlu dibangun pada setiap lini perusahaan, baik kepada
sesama karyawan, antar divisi, maupun kepada rekan bisnis di luar lingkup
perusahaan.
https://ajaib.co.id/jenis-hambatan-komunikasi-dalam-bisnis-dan-cara-mengatasinya/