Jumat, 12 Mei 2023

Metode Harga Pokok Proses

 

Metode Harga Pokok Proses

Metode Harga Pokok Proses 

Karakteristik Metode Harga Pokok Proses 

Metode pengumpulan biaya produksi biaya produksi ditentukan oleh karakteristikproses produk perusahaan. Dalam perusahaan yang berproduksi massa, karakteristikproduksinya adalah sebagai berikut: 

 Proses produksi bersifat terus menerus dan produk yang dihasilkan merupakanproduk massa yang bersifat standar. 

 Biaya produksi dikumpulkan dengan dicatat dalam setiap departemen produksiyang ada, untuk jangtka waktu tertentu (umumnya satu bulan). 

 Harga pokok per unit produk dihitung dari harga pokok produk selesai periodedibagi dengan unit produk yang telah selesai dalam periode yang bersangkutan. 

 Harga pokok produk dihitung pada akhir periode tertentu. 

 Biaya bahan tidak perlu dipisahkan dari biaya bahan baku dan biaya bahanpembantu, dan biaya tenaga kerja tidak dipisahkan menjadi biaya tenaga kerjalangsung dan biaya tenaga kerja tidak langsung. 

 Produk yang belum selesai (masih dalam proses) pada akhir periode, dicatat kedalam rekening persediaan Produk Dalam Proses. 

 Pada akhir periode dibuat laporan harga pokok produksi setiap departemen,yang pada dasarnya berisi perhitungan harga pokok produk yang telah selesai,dan yang masih dalam proses, yang dinyatakan dalam total maupun per unit.Sebagai contoh perusahaan yang berproduksi massa adalah perusahaan semen. Prosesproduksi semen menghasilkan suatu macam produk berupa semen yang diukur dengansatuan zak yang berat standarnya 50kg. Produk yang dihasilkan dari bulan ke bulanadalah sama. Perencanaan produksi dilakukan dengan diterbitkannya perintahproduksi setiap awal bulan yang berlaku untuk bulan tertentu.  

 Metode Harga Pokok Proses – PengantarKelompok 3 

Perbedaan Metode Harga Proses dengan Metode harga PokokPesanan 

Perbedaan antara dua metode pengumpulan biaya produksi terssebut terletak pada:1. 

Pengumpulan biaya produksi. 

Metode harga pokok pesanan 

 mengumpulkan biayaproduksi menurut pesanan, sedangkan 

metode harga pokok proses 

mengumpulkanproduksi per departemen produksi per periode akuntansi.2. 

Perhitungan harga pokok produksi per satuan. 

  

Metode haga pokok pesanan 

 menghitung harga pokok per satuan dengan cara membagi total biaya yangdikeluarkan untuk pesanan tertentu dengan jumlah satuan produk yang dihasilkandalam pesanan yang bersangkutan. Perhitungan dilakukan pada saat pesanan selesaidiproduksi. 

Metode harga pokok proses 

 menghitung harga pokok persatuan dengancara membagi total biaya produksi yang dikeluarkan selama periode tertentudengan jumlah satuan produk yang dihasilkan selama periode yang bersangkutan.Perhitungan dilakukan setiap akhir periode yang biasanya pada akhir bulan.3. 

Penggolongan biaya produksi Di dalam metode harga pokok pesanan produksi harus dipisahkan menjadi biaya produksi langsung dan biaya produksi tidaklangsung. Dimana biaya produksi langsung dibebankan kepada produk berdasarkanbiaya yang sesungguhnya terjadi, sedangkan pada biaya produksi tidak langsungdibebankan kepada produk berdasarkan tarif yang ditentukan di muka. Dalam 

metode harga pokok proses pembebanan biaya produksi langsung dan biayaproduksi tidak langsung seringkali tidak diperlukan, terutama jika perusahaanmenghasilkan satu macam produk. 

Unsur yang digolongkan dalam biaya overhead pabrik. 

 Didalam metode harga pokok pesanan  biaya overhead pabrik dibebankan kepada produk atas dasar tarifyang ditentukan di muka. Di dalam metode harga pokok proses  biaya overheadpabrik dibebankan kepada produk sebesar biaya yang sesungguhnya terjadi selamaperiode akuntansi tertentu. 

Manfaat Informasi Harga Pokok Produksi 

Dalam perusahaan yang berproduksi massa, informasi harga pokok produksi yangdihitung untuk jangka waktu tertentu bermanfaat bagi manajemen untuk : 

Menentukan harga jual produk  

Dalam penetapan harga jual produk , biayaproduksi per unit merupakan salah satu informasi yang dipertimbangkan di sampinginformasi biaya lain serta informasi non biaya. Taksiran biaya produksi per satuanyang akan dikeluarkan untuk memproduksi produk dalam jangka waktu tertentudipakai salah satu dasar untuk menentukan harga jual per unit produk yang akandibebankan kepada pembeli. 

Metode Harga Pokok  

Memantau realisasi biaya produksi 

Jika rencana produksi telah diputuskan untukdilaksanakan, manajemen memerlukan informasi biaya produksi yang sesungguhnyadidalam rencana pelaksanaan produksi tersebut. Oleh karena itu akuntansi biayadigunakan untuk mengumpulkan informasi biaya produksi sekaligus untukmemantau total biaya produksi sesuai dengan yang diperhitungkan sebelumnya. 

Menghitung laba rugi atau bruto periode tertentu 

Informasi laba atau rugi brutiperiodik diperlukan untuk mengetahui kontribusi produk dalam menutup biaya nonproduksi dan menghasilkan laba atau rugi. Oleh karena itu, metode harga pokokproses digunakan oleh manajemen untuk mengumpulkan informasi biaya produksisesungguhnya dikeluarkan untuk periode tertentu guna menghasilkan informasi labaatau rugi bruto tiap periode. 

Menentukan harga pokok persediaan produk jadi dan produk dalam prosesyang disajikan dalam neraca Pada saat manajemen dituntut untuk membuatpertanggungjawaban keuangan periodik, manajemen harus menyajikan laporankeuangan berupa neraca dan laporan laba rugi 


https://sis.binus.ac.id/2022/03/30/metode-harga-pokok-proses/