Jumat, 12 Mei 2023

Biaya Produksi Dalam Manufaktur

 

Kenali 3 Biaya Produksi Dalam Perusahaan Manufaktur

Singkatnya, perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi sendiri barang yang akan dijual. Dalam proses produksi tersebut diperlukan biaya agar produksi dapat berjalan dengan baik. Biaya yang muncul tersebut disebut sebagai Biaya Produksi

Biaya produksi yang dapat timbul pada perusahaan manufaktur ada 3, yaitu :

  1. Biaya Bahan Baku

Untuk memproduksi sebuah barang, maka diperlukan apa yang disebut sebagai bahan baku. Bahan baku adalah bahan mentah utama yang diperlukan dalam proses produksi. Apa saja sih contoh bahan baku ini? Misalnya kamu memiliki usaha membuat nasi goreng, maka bahan bakunya adalah Nasi. Jadi Biaya membeli nasi tersebut termasuk dalam biaya bahan baku.

  1. Biaya Tenaga Kerja Langsung

Dalam perusahaan manufaktur, kita akan dipertemukan dengan tenaga kerja sebagai orang yang perannya adalah mengubah bahan baku atau bahan mentah menjadi barang jadi.  Sebagai contoh, dalam pembuatan nasi goreng, ada tenaga kerja yang langsung terlibat yaitu koki atau orang yang memasak nasi gorengnya. Nah upah yang akan dibayarkan kepada koki ini termasuk kedalam biaya tenaga kerja langsung.

  1. Biaya Overhead

Secara umum, biaya overhead ini adalah biaya yang timbul akibat adanya bahan tambahan atau tenaga kerja tidak langsung yang ikut serta dalam proses produksi barang. Jadi biaya yang timbul akibat adanya tambahan tersebut tehitung dalam biaya overhead.

Lalu apa manfaat kita mengetahui ketiga biaya produksi tersebut? Dengan mengetahui elemen apa saja yang termasuk dalam biaya produksi, maka kita dapat membuat keputusan keputusan penting dalam proses produksi. Salah satunya adalah penentuan harga produk dengan menghitung jumlah biaya biaya yang terjadi selama produksi. Keuntungan lainnya adalah kita dapat membuat kebijakan terkait biaya yang terjadi secara terperinci. Kita juga dapat memprediksi biaya yang akan timbul di masa depan dengan data yang lebih terperinci, terutama untuk biaya overhead yang sifatnya tidak tetap dalam setiap produksi, sehingga kita dapat menganggarkan biaya overhead di masa yang akan datang dengan lebih terarah.

https://bahasabisnis.id/kenali-3-biaya-produksi-dalam-perusahaan-manufaktur/