Sabtu, 13 Mei 2023

Transaksi Pembelian dalam MYOB

 

Langkah-Langkah Mencatat Pembelian Kredit dan Tunai di Myob

Konten [Tampil]

Cara mencatat transaksi pembelian pada myob merupakan langkah-langkah untuk mengentri transaksi pembelian aset tetap dan pembelian kredit di myob. Pada pencatatan pembelian tunai pengisian pada paid today diisi dengan nilai sebesar tagihan yang dibebankan ke customer. Langkah menginput transaksi pesanan pembelian hendaknya dilakukan secara tunai dan kredit.

Jelaskan langkah-langkah untuk mengentri transaksi pembelian kredit dan tunai ke myob. Jenis layout apakah yang digunakan untuk pembelian aset tetap secara kredit yakni jasa atau barang. Cara mencatat transaksi pembelian pada myob bergantung kepada modul myob yang digunakan. Program myob menghitung potongan utang usaha dari tagihan yang ditentukan.

Langkah Mengubah Order Pembelian menjadi Pembelian Kredit atau Tunai

Langkah mengubah order pembelian menjadi pembelian kredit dan tunai akan dilakukan ketika pengguna salah melakukan input data transaksi penjualan dan pembelian di myob. Jenis layout faktur yang biasa digunakan perusahaan jasa adalah layout jasa. Perubahan pembelian kredit menjadi tunai seharusnya diwaspadai karena akan mengganggu transaksi lainnya.

Perubahan akun apa saja yang dipengaruhi oleh adanya transaksi pembelian kredit yakni persediaan barang dagang, utang usaha dan kas. Program myob menghitung potongan utang usaha dari transaksi pembayaran yang dilakukan perusahaan.

Langkah mengubah order pembelian menjadi pembelian kredit atau tunai seharusnya dilakukan ketika mengetahui kesalahan memasukan data di myob. Perintah untuk melihat jurnal pembelian adalah ctrl+r agar jurnal yang dibuat dapat dicetak dan dilihat.

Cara Mencatat Transaksi Pembelian pada Myob

Cara mencatat transaksi pembelian pada myob merupakan langkah-langkah mencatat transaksi pembelian kredit dan tunai di myob. Perusahaan perlu mengentri jurnal pembelian agar riwayat transaksi muncul ya.

Jelaskan langkah-langkah pencatatan transaksi retur pembelian kredit tentunya akan memunculkan dua jurnal. Langkah mengentri transaksi retur penjualan, pertama sales > enter sales > quantity minus.

Langkah-langkah mencatat transaksi pembelian kredit dan tunai di myob sebagai berikut.

Pertama, pilih modul purchases > enter purchases.

Pilih layout item untuk pembelian barang dan pilih layout service untuk pembelian jasa.
Isilah termin pembayaran untuk transaksi pembelian yang dilakukan.
Masukan nominal transaksi yang terjadi, pada bagian paid today dapat diisi dengan nilai pembayaran pada saat jurnal dibuat.
Baca Juga: Langkah-Langkah dalam Melakukan Setup Preferance di Myob

Perintah untuk Melihat Jurnal Pembelian

Perintah untuk melihat jurnal pembelian dapat dilakukan ketika pengguna telah record transaksi. Langkah mengubah order pembelian menjadi pembelian kredit atau tunai pada myob akan menghasilkan jurnal pembelian yang berbeda.

Perintah untuk melihat jurnal pembelian adalah ctrl+r. Shortcut untuk menampilkan jurnal pada myob adalah ctrl+r. Pengguna dapat melihat jurnal yang telah dibuat agar dapat menyesuaikan transaksi dengan linked account yang telah berhasil dibuat.

Langkah menginput transaksi pesanan pembelian tunai dan kredit bergantung kepada jenis transaksi yang telah dilakukan perusahaan. Adanya transaksi pembelian tunai dan kredit mengakibatkan perusahaan harus menggunakan termin pembayaran untuk menentukan diskon yang diperoleh atau tidak.

Demikianlah langkah-langkah mencatat pembelian kredit dan tunai di myob semoga anda mengetahui perintah untuk melihat jurnal pembelian dan jurnal penjualan pada myob ya.

https://www.masraffi.com/2020/08/langkah-langkah-mencatat-pembelian.html