Kamis, 11 Mei 2023

Mengoperasikan paket program pengolah angka/ spreadsheet

 

Memulai program:

  1. Membuka program excel
  2. Membuat file baru = CTRL + N
  3. Menyimpan file = CTRL + S
  4. Membuka file = CTRL + O
  5. Menutup file = CTRL + W
  6. Keluar dari program = ALT + F4

Membuka program excel:

  • Cara 1
    • Klik START
    • All Programs
    • Microsoft Office
    • Microsoft Office Excel 2007
  • Cara 2
    • Dobel klik shortcut Microsoft Office Excel 2007 pada Desktop

Membuat file baru:

  • Cara 1
    • Klik OFFICE button
    • Pilih NEW
    • Pilih BLANK WORKBOOK
    • Pilih CREATE
  • Cara 2
    • Tekan tombol CTRL + N

Menyimpan file:

  • Cara 1
    • Klik OFFICE Button
    • Pilih SAVE atau SAVE AS
    • Tentukan lokasi penyimpanan, misalnya di C:\
    • Beri nama file
    • Klik tombol SAVE
  • Cara 2
    • Tekan tombol CTRL + S

Membuka file:

  • Cara 1
    • Klik OFFICE button
    • Pilih OPEN
    • Cari lokasi file yang disimpan, misalnya C:\
    • Pilih file yang akan dibuka
    • Klik tombol OPEN
  • Cara 2
    • Tekan tombol CTRL + O

Menutup file:

  • Cara 1
    • Klik OFFICE button
    • Pilih CLOSE
    • Pilih YES jika ingin menyimpan file, jika tidak NO
    • Pilihan CANCEL untuk batal menutup file
  • Cara 2
    • Tekan tombol CTRL + W

Keluar dari program:

  • Cara 1
    • Klik tombol (X) berwarna merah di pojok kanan atas
      • Jika ada pilihan YES-NO-CANCEL, maka
      • YES untuk menyimpan perubahan data
      • NO untuk tidak menyimpan perubahan data
      • CANCEL untuk batal keluar dari program
  • Cara 2
    • Tekan tombol ALT + F4

Karakter sel

  • Pointer mouse
    • Penunjuk mouse yang berupa tanda panah yang digerakkan oleh mouse
  • Kursor
    • Penunjuk sel yang berupa kotak bergaris hitam yang menunjukkan lokasi sel yang sedang aktif dalam sheet yang digerakkan oleh penunjuk arah pada keyboard atau dapat juga menggunakan penunjuk mouse

Penunjuk kursor

TombolFungsi
←↑→↓Pindah satu sel ke: kiri, atas, kanan, bawah
EnterPindah satu sel ke bawah/ selesai mengentri data dalam sel
HomePindah ke kolom A
CTRL + HomePindah ke sel A1
CTRL + EndPindah ke posisi kolom dan baris terakhir yang berisi data
Page UpMenggulung satu layar ke atas
Page DownMenggulung satu layar ke bawah
ALT + Page UpMenggulung satu layar ke kiri
ALT + Page DownMenggulung satu layar ke kanan
CTRL + Page UpPindah ke sheet sebelumnya
CTRL + Page DownPindah ke sheet berikutnya

Mengubah ukuran sel

  • Cara 1 : menggunakan mouse
    • Width: Melebarkan kolom: klik tahan pada sisi kanan kolom
      • Geser ke kanan untuk melebarkan
      • Geser ke kiri untuk menyempitkan
    • Height: Meninggikan baris: klik tahan pada sisi bawah baris
      • Geser ke bawah untuk menambah tinggi baris
      • Geser ke atas untuk mengurangi tinggi baris
  • Cara 2
    • Width: klik Format > Column Width > isi angka
    • Height: klik Format > Row Height > isi angka

Menyisipkan sel, baris, kolom

  • Cara 1
    • Tempatkan kursor di posisi yang diinginkan
    • Pastikan buka tab Home
    • Klik icon Insert (di kanan), muncul pilihan:
      • Shift cells right = menambah sel baru di kanan
      • Shift cells down = menambah sel baru di bawah
      • Entire row = menambah baris baru di bawah (Alt+i àr)
      • Entire column = menambah kolom baru di kanan (Alt+iàc)
    • Klik OK
  • Cara 2
    • Klik kanan sel, pilih Insert

Menghapus sel, baris, kolom

  • Cara 1
    • Posisikan kursor pada sel yang akan dihapus
    • Pastikan posisi pada tab Home
    • Klik icon Delete (kanan)
      • Shift cells left (menghapus sel, lalu geser ke kiri)
      • Shift cells up (menghapus sel, lalu geser ke atas)
      • Entire row (menghapus satu baris) (klik kanan+d+r)
      • Entire column (menghapus satu kolom) (klik kanan+d+c)
    • Klik OK
  • Cara 2
    • Klik kanan sel yang akan dihapus, pilih Delete

Data alpha numerik

  • Merupakan tipe data berupa teks, meliputi:
    • Huruf abjad A-Z
    • Simbol (!@#$%^&*())
    • Kombinasi huruf-simbol dengan Angka (0-9)
  • Semua tipe data dapat dijadikan sebagai alpha numerik, dengan cara menambahkan tanda kutip tunggal (‘) di depannya
  • Number Format: General, Text

Data numerik

  • Hanya berupa angka (0123456789)
  • Tanpa ditambahkan dengan simbol maupun huruf
  • Number Format: Number, Currency, Accounting, Short Date, Long Date, Time, Percentage, Fraction, Scientific

Menyalin data

  • Menyalin (Copy)
    • Tempatkan kursor pada sel yang akan disalin
    • Pada tab Home, klik icon Copy (CTRL + C)
  • Menuangkan (Paste)
    • Tempatkan kursor pada sel yang akan diisi
    • Pada tab Home, klik icon Paste (CTRL + V)
  • Jenis Paste Special:
    • Formulas (rumus), Value (nilai), Format, Transpose (kolom-baris)

Number format

  • General= tanpa format
  • Number= angka biasa
  • Currency= simbol mata uang menempel pada angka
  • Accounting= simbol mata uang rata kiri, angka rata kanan
  • Short date= tanggal singkat (01/01/2016)
  • Long date= tanggal lengkap (01 Januari 2016)
  • Time= jam:menit:detik:milidetik
  • Percentage= persentase (25%)
  • Fraction= pecahan (1/3 atau ⅓)
  • Scientific= sains (102)
  • Text= memaksa semua jenis data menjadi teks (bukan numerik)

Worksheet

  • Mengganti nama sheet= klik kanan sheet > Rename
  • Menambah sheet= klik kanan salah satu sheet > Insert > Worksheet
  • Menghapus sheet= klik kanan sheet yang akan dihapus > Delete > Yes
  • Memindahkan sheet= klik tahan sheet > geser ke kanan/kiri > lepas
  • Menyembunyikan sheet= klik kanan sheet > Hide
  • Menampilkan sheet yang tersembunyi= klik kanan salah satu sheet > Unhide > pilih sheet yang akan ditampilkan
  • Menggandakan sheet= klik kanan sheet > Move or Copy > ceklis Create Copy > OK

Penulisan formula

  • Dimulai tanda sama dengan (=)
  • Huruf kapital atau kecil tidak masalah
  • Komponen formula dimulai buka kurung dan diakhiri tutup kurung
  • Tidak boleh ada spasi
  • Tanda pemisah antar komponen formula adalah titik koma (;)
    • Jika setting bahasanya = Indonesia, jika English tandanya koma (,)
  • Setiap selesai mengetik formula, tekan ENTER
  • Contoh: =VLOOKUP(C2;A1:A20;2)

Math & Trig

  • =SUM(number1;number2) menjumlahkan sederet angka, bisa satu baris, satu kolom, bahkan satu range area
  • =SUMIF(range;criteria;sum_range) menjumlahkan sederet angka dengan kriteria tertentu
  • Misalnya: menjumlah total harga untuk satu nama barang saja
  • =SUMIFS(sum_range;criteria_range1;criteria1; criteria_range1; criteria1) menjumlahkan sederet angka dengan banyak kriteria
  • Misalnya: menjumlah total harga untuk satu nama barang dengan merek dan tipe tertentu seperti barang handphone merek nokia tipe N series

Financial

  • =DB(cost;salvage;life;period;[month]) menghitung penyusutan metode saldo menurun tunggal
  • =DDB(cost;salvage;life;period;[factor]) menghitung penyusutan metode saldo menurun
  • =SLN(cost;salvage;life) menghitung penyusutan metode garis lurus
  • =SYD(cost;salvage;life;per) menghitung penyusutan metode jumlah angka tahun
  • Cost=harga, salvage=sisa, life=umur, period=tahun ke

Logical

  • =IF(logical_test;value_if_true;value_if_false) untuk menilai suatu pernyatan berdasarkan syarat tertentu
    • Logical test= kondisi yang disyaratkan
    • Value if true= hasil jika sesuai syarat
    • Value if false= hasil jika tidak sesuai syarat
  • =AND(logical1;logical2;…) untuk menggabungkan banyak syarat yang harus dipenuhi semuanya, tidak boleh ada yang tidak sesuai syarat
  • =OR(logical1;logical2;…) untuk memilih salah satu syarat yang terpenuhi

Text

  • =LEFT(text;[num_chars]) untuk mengambil data sel dari sebelah kiri
  • =MID(text;start_num;[num_chars]) untuk mengambil data sel dari bagian tengah
  • =RIGHT(text;[num_chars]) untuk mengambil data sel dari sebelah kanan
  • =LOWER(text) untuk mengubah data menjadi huruf kecil
  • =UPPER(text) untuk mengubah data menjadi huruf kapital
  • =VALUE(text) untuk mengambil nilai jadi dari sel berisi formula
  • Text=sel, num_chars=banyak karakter, start_num=karakter mulai

Date

  • =NOW() untuk menampilkan tanggal dan jam saat ini
    • Hasilnya: 22/08/2016 18:51
  • =TODAY() untuk menampilkan tanggal hari ini
    • Hasilnya: 22/08/2016

Lookup & reference

  • =HLOOKUP(lookup_value;table_array;row_index_num;[range_lookup]) membaca data dari tabel secara horisontal (baris ke)
  • =VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup]) membaca data dari tabel secara vertikal (kolom ke)
  • =INDEX(array;row_num;[column_num]) membaca data dari tabel dengan ketentuan kolom ke dan baris ke
  • =MATCH(lookup_value;lookup_array;[match_type]) mencocokkan data dengan sumber tabel (satu kolom)

Statistical

  • =AVERAGE(number1;number2) untuk menghitung rata-rata
  • =COUNT(value1;…) untuk menghitung banyaknya data berupa angka
  • =COUNTA(value1;…) untuk menghitung banyaknya data berupa teks
  • =COUNTBLANK(range) untuk menghitung banyak sel kosong
  • =COUNTIF(range;criteria) untuk menghitung banyak data dengan satu kriteria
  • = COUNTIFS(criteria_range1;criteria1;…) untuk menghitung banyak data dengan banyak kriteria
  • =MAX(number1;number2) untuk mencari nilai tertinggi
  • =MIN(number1;number2) untuk mencari nilai
  • =RANK(number;ref;[order]) untuk membuat rangking (teratas/terbawah)

Information

  • =ISBLANK(value) untuk mengetahui sel yang kosong
    • Hasil TRUE jika kosong, hasil FALSE jika tidak kosong (berisi data)
  • =ISERROR(value) untuk mengetahui sel yang formulanya eror
    • Hasil TRUE jika eror, hasil FALSE jika tidak eror
  • =ISEVEN(number) untuk mengetahui sel berisi angka genap
    • Hasil TRUE jika genap, hasil FALSE jika ganjil
  • =ISODD(number) untuk mengetahui sel berisi angka ganjil
    • Hasil TRUE jika ganjil, hasil FALSE jika genap
https://abdrah.wordpress.com/2016/09/26/mengoperasikan-paket-program-pengolah-angka-spreadsheet/