Kamis, 11 Mei 2023

Komunikasi Sinkron Asinkron Dalam Jaringan

 Apakah kamu pernah mendengar istilah kata sinkron? Sinkron umumnya berhubungan langsung dengan suatu hal yang sama, setara, atau sejajar. Contohnya, sekelompok penari yang harus sinkron dengan satu sama lain agar tarian tertata dengan rapi dan indah.

Saat berkomunikasi, sinkron dibutuhkan agar pertukaran interaksi antara dua orang atau lebih tersampaikan secara serempak. Sinkron adalah cara berkomunikasi dengan serentak secara langsung (nyata).

Pengertian Sinkron dalam Komunikasi
Universitas Medan Area memuat e-paper dengan judul Perbedaan Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron (bamai.uma.ac.id), mengatakan bahwa sinkron adalah komunikasi yang dilakukan secara real time. Contohnya, dosen yang menyampaikan materi secara langsung kepada para mahasiswa dan dosen yang melakukan pembelajaran secara online, komunikasi tetap berlanjut seperti biasa.


Dikutip dari laman Sumber Belajar SEAMOLEC (sumberbelajar.seamolec.org), komunikasi adalah proses penyampaian pikiran dan perasaan oleh seseorang kepada orang lain dalam situasi tertentu, media tertentu, yang bertujuan untuk mengubah sikap, tingkah laku, atau efek tertentu (Effendy, 2000:13).

Robbins (2002:310) menambahkan bahwa komunikasi adalah pengiriman makna di antara anggota kelompok, melalui pentransferan tersebut, informasi dapat diproses. Handoko (2002:30) mengemukakan bahwa komunikasi adalah proses pemindahan makna dalam bentuk gagasan, informasi, dari seseorang ke orang lain.

Manfaat Komunikasi Sinkron
Jadi, apa saja manfaat komunikasi sinkron? Anggi Prayogo, guru dari SMK Negeri 2 Empat Lawang, menjelaskan jika tujuan komunikasi sinkron kurang lebih untuk:

Berbagi sumber daya (Resources)
Sebagai media komunikasi
Integrasi data
Keamanan data
Efisiensi tenaga, waktu, dan biaya
Pengembangan dan Pemeliharaan
Sebagai kontrol
Memudahkan pengelolaan
Pengendalian jarak jauh
Meningkatkan intensitas komunikasi dan partisipasi komunikasi
Memberikan informasi
Web browsing.
Situs web Sumber Belajar SEAMOLEC juga menjelaskan tujuan komunikasi sinkron dibagi menjadi 3: Komponen perangkat keras (hardware) yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi melalui komputer, headset, microphone, serta koneksi internet. Komponen perangkat lunak (software) yang berguna dalam pelaksanaan komunikasi daring melalui software seperti skype, google+hangout, webconference, dan komponen perangkat nalar (brainware) yang terlibat untuk mengatur penggunaan software dan hardware tersebut.

Contoh Komunikasi yang Sinkron
Berikut adalah contoh komunikasi sinkron melalui daring yang dikutip dari Sumber Belajar SEAMOLEC:

Text Chat merupakan fitur perangkat lunak (software) yang ada di internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai internet yang juga menggunakan internet. Komunikasi ini dikirim lewat teks untuk mengirim pesan dan kemudian akan dibalas oleh orang yang dituju dengan teks juga.
Video chat adalah teknologi untuk melakukan audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda. Video chatting dapat dilakukan melalui perangkat komputer atau smartphone yang berupa interaksi point-to-point seperti FaceTime dan Skype, atau interaksi multipoint (satu-ke-banyak, atau banyak-kebanyak), seperti Google+ Hangouts.
Perlu diingat bahwa video chatting berbeda dengan video conference. Video chatting merujuk pada komunikasi video di antara dua orang individu (point-to-point), sedangkan video conference lebih kepada komunikasi video di antara 3 pihak atau lebih (multipoint).
Contoh lainnya yang dilansir oleh e-paper Universitas Medan Area adalah ruang belajar tatap muka (live-synchronous learning), yaitu ruang belajar proses pembelajaran yang terjadi secara beriringan yang diadakan dalam satu ruangan.
Terakhir adalah ruang belajar tatap maya (virtual synchronous learning) yaitu ruang belajar secara online yang dilakukan secara bersamaan namun berada dalam ruang yang berbeda.
Perbedaan Komunikasi Sinkron dan Asinkron
Perbedaan dari komunikasi sinkron dan asinkron dari Universitas Medan Area yaitu: Komunikasi sinkron adalah komunikasi yang dilakukan melalui secara langsung atau real time, Sedangkan komunikasi asinkron adalah komunikasi yang dilakukan dengan tidak serentak melalui media perantara.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa komunikasi sinkron merujuk pada keserempakan komunikasi secara langsung antara dua orang atau lebih yang memiliki tujuan untuk memberikan opini, informasi, perasaan, dan lainnya.

Demikian pembahasan tentang komunikasi sinkron beserta pengertian, manfaat, dan contohnya. Semoga bermanfaat.

https://www.detik.com/bali/berita/d-6560450/sinkron-adalah-pengertian-manfaat-dan-contohnya-dalam-berkomunikasi#:~:text=Perbedaan%20dari%20komunikasi%20sinkron%20dan,tidak%20serentak%20melalui%20media%20perantara.