Kamis, 11 Mei 2023

5 Desain Tata Ruang Kantor yang Nyaman dan Ideal


bentuk tata ruang kantor

Tata letak kantor berkaitan dengan dekorasi dan desain sebuah kantor.

Penataan kantor yang tepat dan ideal akan menciptakan lingkungan kerja yang sehat, komunikatif, serta efisiensi.

Sederhananya, tata ruang kantor didesain sedemikian rupa untuk membuat alur pekerjaan menjadi lebih mudah.

Misalnya semua tim marketing menempati satu area tertentu, untuk membantu manajer tim dalam mengkoordinasikan anggotanya.

Setelah mengetahui informasi di atas, berikut lima desain tata ruang kantor yang bisa dijadikan inspirasi untuk kantor yang nyaman.

Macam-Macam Desain Tata Ruang Kantor

Desain Tata Ruang Kantor Terbuka (Open Office)

definisi tata letak kantor

Foto: pinterest

Bentuk tata ruang kantor terbuka merupakan salah satu desain tata letak yang paling banyak digunakan perusahaan.

Sebut saja perusahaan kreatif, startup teknologi, dan bahkan organisasi besar yang sedang berkembang.

Penggunakan jenis layout ini berfokus pada penyediaan ruang terbuka, dibandingkan dengan desain kubus yang lebih tradisional.

Dalam penggunaan open-plan office, tidak ada dinding pemisah yang mengganggu karena didominasi oleh meja kerja memanjang.

Kelebihan desain tata kantor terbuka:

  • Dapat lebih mudah meningkatkan komunikasi
  • Pola kerja lebih efisien
  • Lebih hemat biaya

Kekurangan desain tata kantor terbuka:

  • Privasi antar-karyawan lebih minim
  • Ruangan lebih berisik
  • Mudah memecah konsentrasi karyawan

Tata Ruang Kantor Berpanorama  (Landscape office)

ruang kantor lanskap

Foto: archello

Tipe kantor berpanorama mengacu pada desain interior kantor yang menyenangkan dan unik.

Dalam praktiknya, jenis kantor ini melibatkan banyak desain interior untuk mengoptimalkan kenyamanan.

Di antaranya berupa penempatan tanaman, penggunaan cahaya alami, dan beberapa karya seni.

Banyak orang percaya, hadirnya bentuk tata letak kantor ini dapat menciptakan komunikasi, kolaborasi dan kerja tim antara karyawan.

Jenis tata ruang kantor ini paling sering digunakan oleh perusahaan startup atau agency yang mengembangkan ide-ide kreatif.

Keunggulan tata ruang kantor berpanorama:

  • Lingkungan kerja yang kondusif 
  • Suasana kantor yang lebih menyenangkan
  • Bisa meningkatkan kreativitas karyawan

Kekurangan tata ruang kantor berpanorama:

  • Biaya perawatan dan konstruksi lebih mahal
  • Memiliki banyak ornamen kurang penting

Baca juga:

Bagaimana Cara Menata Interior Kantor yang Ideal? Ini Tipsnya

Desain Tata Ruang Kantor Tertutup (Cubicle Office)

bentuk ruang kantor bilik

Tipe ruang kantor ini biasa disebut kantor bilik, serta paling sering digunakan di kantor-kantor formal.

Jenis kantor bilik adalah jenis desain tata letak tertutup, di mana ruang kerja dipisahkan dengan dinding partisi yang mengelilingi meja kerja.

Sejalan dengan fakta di lapangan, cubicle office membentuk formasi atau desain barisan yang umumnya membutuhkan ruangan lebih luas.

Keuntungan tata ruang kantor tertutup:

  • Karyawan memiliki privasi yang terjaga
  • Karyawan bisa lebih produktif saat bekerja
  • Terbebas dari gangguan

Kekurangan tata ruang kantor tertutup:

  • Sulit mengawasi karyawan
  • Sulit menjalin komunikasi antar-karyawan

Desain Tata Ruang Kantor Bersama (Coworking Office)

tata letak kantor bersama

Tidak mau pusing mengatur hingga mendesain ruang kantor?

Co-working space bisa jadi salah satu opsi sewa kantor yang mampu mengakomodasi kebutuhan bisnis.

Sebagai pihak ketiga, co-working space telah dilengkapi dengan fasilitas sewa kantor seperti mesin kopi, printer, ruang pertemuan, hingga kursi bean bag.

Kelebihan tata ruang kantor co-working space:

  • Biaya sewa murah
  • Tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan rutin
  • Komunikasi antara rekan kerja jauh lebih mudah

Kekurangan tata ruang kantor co-working space:

  • Harus booking lebih dulu untuk menggunakan ruang kerja dan meeting
  • Ruang kerja rentan bising dan bisa mengganggu pekerjaan

Baca juga:

8 Inspirasi Desain Kantor Minimalis yang Nyaman agar Lebih Produktif

Desain Kantor Gabungan/Hybrid (Hybrid Office)

ruang kantor gabungan

Foto: alloffice.space

Desain tata ruang kantor gabungan atau hybrid bisa jadi solusi tepat buat Anda yang ingin memiliki layout kantor semi-terbuka.

Dengan menggunakan gaya ini, Anda dapat memadupadankan berbagai jenis tata letak ruang kantor.

Misalnya Anda dapat menggabungkan beberapa bilik, ruang kerja bersama dan ruang terbuka untuk mendesain kantor secara inovatif.

Kelebihan tata ruang kantor gabungan:

  • Desain ruang kantor yang lebih dinamis 
  • Suasana ruangan tidak monoton
  • Karyawan dapat bebas memilih tempat yang diinginkan

Kekurangan tata ruang kantor gabungan:

  • Biaya perawatan lebih mahal
  • Terlalu banyak ornamen tidak penting

Tata Ruang Kantor sekaligus Hunian (SOHO)

apartemen soho

Sudah banyak developer yang mengembangkan hunian sekaligus tempat bekerja seperti SOHO.

Small Office Home Office atau SOHO umumnya dibangun pada sebuah apartemen.

Tata ruang SOHO bisa menyesuaikan dengan luas unit yang tersedia.

Misalnya unit tersebut didesain dengan konsep mezzanine, maka ruang atas digunakan sebagai hunian sementara di bagian bawah merupakan ruang kerja.

Unit SOHO banyak dipilih oleh para freelancer, pegawai kantoran dengan sistem work from home (WFH), atau pebisnis startup.

Keunggulan tata ruang kantor sekaligus hunian:

  • Lebih fleksibel karena berfungsi sebagai tempat tinggal dan kantor
  • Lebih hemat biaya sewa
  • Biaya pemeliharaan yang tidak terlalu besar

Kekurangan tata ruang kantor sekaligus hunian:

  • Tidak ada ruang meeting khusus
  • Tidak bisa merekrut banyak karyawan karena ruangnya terbatas

Itulah informasi terkait bentuk tata ruang kantor yang bisa dijadikan referensi.